Kompetensi Peneliti Kuantitatif dan Kualitatif
Halo mahasiswa Indonesia! Pada kesempatan kali ini author akan menjelaskan tentang apa saja kompetensi / keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang peneliti kuantitatif dan kualitatif. Penelitian bukanlah aktivitas sembarangan yang dapat dilakukan oleh semua orang. Tetapi seorang peneliti perlu untuk menguasai beberapa kompetensi sebelum melakukan sebuah penelitian, tujuannya agar saat proses penelitian berlangsung dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Berikut ini akan dijelaskan kompetensi apa yang harus dimiliki oleh peneliti kuantitatif dan kualitatif.
1. Kompetensi Peneliti Kuantitatif
- Memiliki wawasan yang luas dan mendalam tentang bidang pedidikan yang akan diteliti
- Mampu menganalisis masalah secara akurat, sehingga dapat ditemukan masalah penelitian pendidikan yang betul-betul masalah
- Mampu menggunakan teori pendidikan yang tepat sehingga dapat dimanfaatkan guna memperjelas masalah yang diteliti, dan menentukan hipotesis penelitian
- Memahami jenis-jenis metode penelitian kuantitatif, seperti metode eksperimen, survey, action research, evaluasi, expost facto dan R & D
- Memahami teknik-teknik sampling, seperti probability sampling dan nonprobability sampling, dan mampu menghitung dan memilih jumlah sampel yang representatif dengan sampling error tertentu
- Mampu menyusun intrumen baik test maupun nontest untuk mengukur berbagai variabel yang diteliti, mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen
- Mampu mengumpulkan data dengan kuesioner, mampu dengan wawancara observasi, dan dokumentasi
- Apabila pengumpulan data dikerjakan bersama tim, maka harus mampu mengorganisasikan tim peneliti dengan baik
- Dapat menyajikan data, menganalisis data secara kuantitatif guna menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis penelitian yang telah dirumuskan
- Mampu memberikan interprestasi terhadap data hasil penelitian maupun hasil pengujian hipotesis
- Mampu membuat laporan hasil peneltian secara sistematis, dan menyampaikan hasil penelitian kepada pihak-pihak yang terkait
- Mampu membuat abstraksi hasil penelitian, dan membuat artikel untuk dimuat ke dalam jurnal ilmiah
- Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian kepada masyatakat luas
2. Kompetensi Peneliti Kualitatif
- Memiliki wawasan yang luas dan mendalam tentang bidang pedidikan yang akan diteliti
- Mampu membuat rapport kepada setiap orang yang ada pada situasi sosial yang akan diteliti. Membuat rapport berarti mampu membangun hubungan yang akrab dengan setiap orang yang ada pada konteks sosial
- Memiliki kepekaan untuk melihat setiap gejala yang ada pada obyek penelitian (situasi sosial)
- Mampu menggali sumber data dengan observasi penelitian, dan wawancara mendalam secara trianggulasi, serta sumber-sumber lain
- Mampu menganalisis data kualitatif secara induktif berkesinambungan mulai dari analisis deskriptif, domain, komponensial, dan tema kultural/budaya
- Mampu menguji kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas hasil penelitian
- Mampu menghasilkan temuan pengetahuan, mengkonstruksi fenomena, hipotesis atau ilmu baru
- Dapat membuat laporan secara jelas, sistematis, lengkap dan rinci
- Mampu membuat abstraksi hasil penelitian, dan membuat artikel untuk dimuat ke dalam jurnal ilmiah
- Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian kepada masyatakat luas
Sumber : Buku Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Karya Prof. Dr. Sugiyono Tahun 2015
Post a Comment
Post a Comment