Apakah Metode Kuantitatif dan Kualitatif Dapat Digunakan
Setiap metode penelitian memiliki keunggulan dan kekurangan. Oleh karena itu metode kualitatif dan kuantitatif keberadaanya tidak perlu dipertentangkan karena keduanya justru saling melengkapi (complement each other). Metode penelitian kuantitatif cocok dimanfaatkan untuk penelitian yang masalahnya sudah jelas, dan pada umumnya dilakukan pada populasi yang luas sehingga hasil penelitian kurang mendalam. Sementara itu metode penelitian kualitatif cocok digunakan untuk meneliti di mana masalahnya belum jelas, dilakukan pada situasi sosial yang tidak luas, sehingga hasil penelitian lebih mendalam dan bermakna. Metode penelitian kuantitatif cocok guna menguji hipotesis atau teori sedangkan metode penelitian kualitatif cocok untuk menemukan hipotesis atau teori.
Setiap calon peneliti harus telah memahami karakteristik dari kedua metode tersebut, sehingga tahu pasti kapan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Jangan sampai menyatakan menggunakan metode kualitatif, karena tidak tahu atau takut dengan statistik. Padahal meneliti dengan metode penelitian kualitatif yang benar, jauh lebih sulit daripada menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Karena paradigma ke dua metode tersebut berbeda, maka sangat sulit menggabungkan metode tersebut digunakan dalam satu proses penelitian yang bersamaan. Lebih dalam thomas D Cook and Charles Reichardt, (1978) menyatakan "To the conclusion that qualitative and quantitative methods themselves can never be used together. Since the methods are linkid to different paradigms and since one must choose between mutually exclusive and antagonistic world views, one must also choose between the methods type". Kesimpulannya metode kualitatif dan kuantitatif tidak akan pernah dipakai bersama-sama, karena ke dua metode tersebut memiliki paradigma yang berbeda dan perbedaannya bersifat mutually exclusive, sehingga dalam penelitian hanya dapat memilih salah satu metode. Seperti telah dikemukakan perbedaan ke dua metode meliputi tiga hal, yaitu perbedaan dalam aksioma, proses penelitian dan karakteristik penelitiannya itu sendiri.
Menurut Sugiyono, ke dua metode tersebut dapat digunakan bersama-sama atau digabungkan, tetapi dengan catatan sebagai berikut.
- Dapat digunakan bersama untuk meneliti pada obyek yang sama, tetapi tujuan yang berbeda. Metode kualitatif digunakan untuk menemukan hipotesis, sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk menguji hipotesis. Setiap metodologi dapat digunakan untuk melengkapi yang lain dalam bidang penyelidikan yang sama, karena mereka memiliki tujuan yang berbeda (Susan Stainback, 1988).
- Digunakan secara bergantian. Di tahap pertama menggunakan metode peneltian kualitatif, sehingga ditemukan hipotesis. Selanjutnya hipotesis diuji menggunakan metode kuantitatif.
- Metode penelitian tdidak dapat digabungkan karena paradigmanya berbeda. Tetapi dalam penelitian kuantitatif dapat menggabungkan penggunaan teknk pengumpulan data (bukan metodenya), seperti penggunaan trianggulas dalam penelitian kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif contohnya, teknik pengumpulan data yang utama yaitu menggunakan kuesioner, data yang diperoleh adalah data kuantitatif. Selanjutnya untuk memperkuat dan mengecek validitas data hasil kuesioner tersebut, maka dapat dilengkapi dengan observasi atau wawancara kepada responden yang telah memberikan angket tersebut, atau orang lain yang memahami terhadap masalah yang diteliti. Bila data antara kuesioner dan wawancaranya tidak sama, maka dilacak terus sampai ditemukan kebenarannya data tersebut. Bila sudah demikian maka proses pengumpulan data seperti trianggulasi dalam penelitian kualitatif.
- Dapat menggunakan metode tersebut secara bersamaan, asal kedua metode tersebut telah difahami dengan jelas, dan seseorang telah berpengalaman luas dalam melakukan penelitian. Bagi peneliti baru sebaiknya tidak berfikir untuk menggunakan metode tersebut dengan cara menggabungkan.
Sumber : Buku Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Karya Prof. Dr. Sugiyono Tahun 2015
Post a Comment
Post a Comment